Minggu, 18 September 2011

Jika Kau Ingin Jadi Penulis


Seperti judul diatas, catatan saya yang berikut ini tentang tips jika ingin menjadi penulis. Sebenarnya saya menemukan catatan ini saat tengah membuka note-note di facebook, tiba-tiba terbuka kembali sebuah note yang di-tag-kan oleh seorang kakak, mbak Wanda Kaniawati dan merupakan kutipan dari status dari salah seorang penulis favorit saya mas Fahri Asiza. Untuk kembali membuka motivasi saya, maka saya catat kembali di blog saya ini. Berikut tips-tips Jika Ingin Menjadi Penulis itu:

Jika kau ingin jadi penulis, FOKUSKAN pada satu gagasan saja dari sekian juta gagasan yang kau punya. Kenapa? Karena kau akan lebih mudah mengendalikannya. Sebab lain, karena ide itu sangat liar dan dibutuhkan FOKUS untuk menjinakkannya. Jadi ketika kau merasa tak punya ide, harusnya kau berbahagia, karena kau akan lebih mudah menemukannya karena ada kekuatan FOKUS di dalamnya.

Jika kau ingin menjadi penulis, PECUNDANGILAH ide yang kau punya. Maksudnya begini, setelah kau dapat ide dan membuat kronologis cerita dari idemu itu, saat kau menuliskannya, PATAHKANLAH. Buang BAGIAN ide dari ide yang kaumiliki, MANIPULASI BAGIAN ide itu dgn ide baru dan lanjutkan dengan ide baru itu. Dengan cara ini idemu akan berkembang baik dan kau tak akan stag menuliskannya. Memang agak susah, tapi cobalah...

Jika kau ingin menjadi penulis, sekecil apa pun ide yang kaumiliki bisa menjadi besar dan hidup. Caranya, mainkan psikologis tokoh-tokohmu dan biarkan seolah mereka berpikir sendiri. Jangan memaksakan dia bergerak mengikuti alurmu, tp biarkan tokoh-tokohmu berbuat dgn alur pikirannya. Masih bingung? Mainkan melalui dialog. Sekali lagi ingat, psikologis tokoh-tokohmu. Memang agak susah, tp tak ada salahnya dicoba.

Jika kau ingin menjadi penulis, selain MOOD yang tak boleh dipercaya, juga TAKUT yang harus kauabaikan. Takut tidak bisa, takut tidak bagus, takut tidak punya ide, takut ditolak, takut dikritik. Abaikan semua rasa TAKUT dalam hal menulis. Yang terpenting, teruslah menulis, menulis dan menulis...

Jika kau ingin menjadi penulis, setelah menemukan ide dan men-sinergikan dgn kekuatan di sekeliling, tulislah ide itu dgn memakai dua sudut pandang 1. Sudut pandang orang pertama. 2. Sudut pandang orang ketiga. Jadi dgn ide yg sama kau punya dua cerita dgn dua sudut pandang. Fungsinya, kau akan terbiasa menulis dgn kedua gaya itu dan kau pun akan menemukan perbedaannya.


Ayo, berlatih dan mulailah menulis!
HWAITING!!!

\^o^/

0 komentar:

Posting Komentar

 
;