Senin, 14 November 2011

Kultwit Dari Mbak Asma Nadia

Seperti biasa, liburan pasti diisi dengan melototin beranda fesbuk atau tweet's yang berjalan di timeline twitter. Dan jreng...jreng...jreng... hari Minggu ini dapet "sesuatu" dari tweet's itu. Utamanya dari seorang penulis favorit saya, mbak Asma Nadia. Kebetulan pas login disambut dengan kultwit dari beliau. Yuhuuuuuuuu. Dan inilah kultwit-nya mbak Asma Nadia kemarin tentang tips #writing. Cekidot.
Tips 1 #writing cari cara untuk selalu mencatat setiap ide menarik.
Tips 2 #writing: temukan bentuk tulisan. Apakah akan dibuat dari A-Z alurnya linear biasa. Atau dimulai dari klimaks, bahkan akhir cerita.
Tips 3 #writing: Buat outline sederhana bagaimana tulisan akan bergerak. Bukan keharusan tapi akan sangat membantu bagi pemula.
Tips 4 #writing : Buat opening yang memikat. Hindari lead cerita yang biasa-biasa aja. Be creative!
Tips 5 #writing : Beri nyawa pada tokoh-tokohmu. 
Tips 6 #writing : Garap setting (waktu/tempat) untuk memperkuat cerita. Beri warna lokal sesuai kebutuhan. Tips 7 #writing: kenapa sebuah cerita hambar atau terasa monoton, karena tidak ada konflik/konflik tidak tergarap! Perhatikan konflikmu.
Tips 8 #writing: olah setiap unsur cerita dengan sabar. Beri perhatian pada detail yang harus dimunculkan agar logika cerita mantap.
Tips 9 #writing hindari kebetulan dalam cerita, kecuali bisa dipertanggungjawabkan. Khususnya untuk penyelesaian cerita.
Tips 10 #writing : saring dialog, buang yang tidak berfungsi. 
Tips 11 #writing : temukan formula ending yang pas, tanpa harus berpanjang-panjang kalimat. 
Tips 12 #writing: tentang ending lagi, akhir cerita yang baik meninggalkan gema lebih lama di hati pembaca. Jangan sia-siakan ending.
Tips 13: batasi ego-mu sebagai penulis. Tokoh-tokoh muncul sesuai karakter dalam ceritamu, tokoh-tokoh itu bukan dirimu. 
Tips 14 #writing : mematikan tokoh untuk memberi kejutan dalam cerita... cari cara lain yang tidak klise. 
Tips 15 #writing : biasakan memulai dengan basmalah sebelum menulis, lalu mulailah menulis dengan hatimu.
Tips 16 #writing:belajar setia&bertanggung jawab bukan hanya dalam upaya sakinah bersamamu/berkeluarga, jg dlm menyelesaikan ceritamu.
Tips 17 #writing : menulis untuk diselesaikan. Never ever give up on your stories. Give them chance! 
Tips 18 #writing kegigihanmu dlm menyelesaikan cerita yg sudah kamu mulai mencerminkan kegigihanmu dlm menghadapi persoalan kehidupan
Tips 19 #writing : beri judul yang menarik untuk ceritamu 
Tips 20 #writing: menulis itu cara lain berbagi. Hilangkan ketakutan/tidak pede dan excuse lain dalam mengirim cerita ke media

0 komentar:

Posting Komentar

 
;