Jumat, 06 Januari 2012

Catatan Tentang Perkembangbiakan Vegetatif pada Tumbuhan

Kelompok 6 :
1.      Dyah Ayu Paramitha  (0903590)
2.      Fika Syahsiah Hasan   (0903614)
3.      Sri Mulyani                 (0903676)
4.      Yuni Andriani             (0903649)
5.      Yuni Pandini               (0903644)

Flora atau tumbuhan sama halnya dengan binatang dan manusia, sama-sama melakukan kegiatan berkembang biak dengan tujuan untuk menghindari kepunahan pada spesies atau rasnya. Kegiatan berkembangbiak atau beranak ini pada tumbuhan dapat dilakukan secara tidak kawin atau tanpa melalui perkawinan antara sel kelamin jantan dan betina.
Perkembangan vegetatif adalah cara reproduksi mahluk hidup secara aseksul (tanpa adanya peleburan sel kelamin jantan dan betina). Reproduksi vegeatif bisa terjadi secara alami maupun buatan.
Vegetatif alami adalah reproduksi aseksual yang terjadi tanpa campur tangan pihak lain seperti manusia. Vegetatif alami pada tumbuhan contohnya :
a.       Umbi batang : batang yang beralih fungsi sebagai tempat penimbunan makanan dengan calon tunas-tunas kecil yang berada disekitarnya yang dapat tumbuh menjadi tanaman baru. Contohnya bangkuang, kentang.
b.      Umbi lapis : tumbuhnya tunas pada sela-sela lapisan umbi. Contohnya bawang merah, bawang putih, bawang Bombay.
c.       Umbi akar : wortel, singkog, lobak.
d.      Geragih atau stolon : batang yang menjalar ecara terus- menerus dimana pada ruas batang dapat muncul tunas-tunas bau. Contohnya rumput teki, stroberi.
e.       Rizoma / akar tunggal : tunas yang muncul pada batang tumbuhan yang tumbuh secara mendatar di tanah. Contohnya lengkuas, jahe, kunyit.
f.       Tunas : Tumbuhan anakan yang muncul di samping tumbuhan induknya. Contohnya pisang, bamboo, tebu.
g.      Tunas adventif : Tunas yang tumbuh pada bagian-bagian tertentu seperti pada akar, daun. Contohnya cocor bebek, cemara, kesemek.
h.      Spora : Cara tumbuhan paku, lumut, dan jamur berkembangbiak dengan membentuk spora empat tunas baru akan muncul.
i.        Hormegenium : Tumbuhnya individu baru yang dihasilkan dari pemutusan benang yang ada. Contohnya ganggang.
j.        Pembelahan sel : Perkembangbiakan pada tumbuhan bersel satu.

Vegetatif buatan adalah teknik untuk menghasilan individu baru tanpa melalui perlawinan. Perkembangan vegetative buatan menghasilkan keturunan yang disebut klon.
Teknik–teknik perkembangan vegetative pada tumbuhan :
1.      Penyetekan, dilakukan dengan cara menanam bagian tertentu tumbuhan tanpa menunggu tumbuhnya akar baru terlebih dahulu. Terdiri dari stek batang dan stek daun.
2.      Merunduk, adalah teknik berkembangbiak tumbuhan dengan cara menundukan batang tanaman ke tanah dengan harapan akan tumbuh akar, setelah akar timbul, maka batang sudah bisa dipotong dan dibawa ke tempat lain.
3.      Mencangkok, adalah membuat cabang batang tanaman menjadi berakar. Tujuannya untuk memperoleh tumbuhan baru yang cepat berbuah dan sifatnya sama dengan sifat induk.
4.      Menyambung atau mengenten, adalah perkembangbiakan buatan yang biasanya dilakukan pada tumbuhan sejenis buah-buahan atau ketela pohon demi mendapatkan kualitas yang baik.  

0 komentar:

Posting Komentar

 
;