Senin, 25 April 2011

Tiga M Bersama Flu

"Mamah, yang ini mampet, yang ini enggak"
Tiba-tiba ingat iklan salah satu obat flu di tipi. Kebetulan sedang merasakan apa yg dikatakan anak dalam iklan tersebut. Yupz. Sedang flu nii. *hehe. somboong*
BTW BTW, belakangan ini banyak yg kena juga tuh sama penyakit yg merakyat ini. xexe. Ko bisa yaaa?
Well, seperti judul catatan'y juga, yuk kita tiga M-an sama flu. hehe. Mengenal, mencegah, dan mengobati maksudnya. :D

Firstly, mengenal flu. Kata pepatah juga 'tak kenal maka taaruf'. :D
Flu adalah penyakit menular yg disebabkan oleh virus yg menyerang sistem pernafasan. Virusnya bernama virus influenza. Dia berasal dari RNA Orthomyxoviridae (belibet ah. hehe). Virus influenza itu sendiri ada beberapa jenis, yaitu:
1. Virus Influenza jenis A. Ini biasanya menjangkiti mamalia dan burung. Virus ini MEMATIKAN serta menyebabkan epidemis dan pandemis. Contohnya virus H5N1, yg penyakitnya populer dg Flu burung.
2. Virus Influeza jenis B. Virus ini tidak seganas jenis A, tapi bisa mewabah dan menyebabkan epidemis. Virus ini hanya menjangkiti manusia.
3. Virus Influenza jenis C. Nah, yg ini mah jenis yg tidak berbahaya. Hanya menyebabkan sakit ringan pada manusia. Virus ini juga hanya menjangkit manusia.
Selain virus, flu juga bisa disebabkan oleh perubahan cuaca dan kelelahan.
Cara penyakit ini bekerja adalah: pertama-tama, virus masuk ke dalam tubuh makhluk hidup,
kemudian berkembang biak dalam tubuh, muncullah penyakit flu itu. Gejala-gejalanya adalah demam, pusing, kelelahan, batuk kering, kerongkongan gatal, hidung meler, mampet, bersin-bersin dan badan sakit.
Jangan lupa, flu ini MENULAR. Penularannya dari lendir yg dikeluarkan dari penderita dan disebarkan melalui udara atau tangan.

Second M, mencegah. Lagi-lagi seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. hehe.
Flu itu memang bukan penyakit serius. Tapi, tetap saja mengganggu aktivitas. Cara mencegahnya yg pertama, budayakan hidup sehat. Virus akan sulit menjangkiti jika kita hidup sehat. Utamanya dg rajin mencuci tangan dengan benar. Apalagi sehabis dari tempat umum yg kemungkinan bertebaran virus2. Kedua, rajin makan makanan yg bergizi terutama yg mengandung vitamin C guna menjaga daya tahan tubuh. Keempat, istirahat yg cukup, hindari stress dan rajin olahraga.

M yg terakhir, mengobati. Ya jika terlanjur sakit, obati. Caranya selain minum obat dari dokter, juga dg banyak istirahat dan banyak minum air putih. Ini bisa membantu menguatkan imun.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;