Senin, 30 Mei 2011

Bunga Matahari, si Ratu Obat

Saya sedang sangat jatuh cinta pada bunga matahari atau yg dalam bahasa latinnya Heliantbus Annus atau yg dalam bahasa Cina namanya Xiang Ri Kui atau dalam bahasa Jepangnya Himawari (jadi ingat ShinChan. hehe). Awalnya karena lihat MV F.T Island yg bertajuk Saranghaneun Buhbeul Mollasuh. Uuuhh. Menyentuh BeGeTe tuu MV. Apalagi kehadiran si cantik bunga matahari disana. Warna'y kuning cerah dan besar yg terhampar di padang bunga matahari membuat mata sejuk dan nuansa romantis'y dapet bgt. hohoho. Dari sanalah saya jatuh cinta.

Belakangan, saya menemukan beberapa keistimewaan sang bunga.

Pertama, bunga ini sangat setia pada matahari. Pada saat matahari terbenam ato malam hari, ia akan tertunduk seolah sedih. Dan saat matahari muncul, ia mendongak seolah ceria menyambut matahari. Dalam ilmu biologi, pergerakan ini dinamakan fotonasti *kalau tidak salah itu juga. ada ya mau meluruskan?*
Karena itulah namanya bunga matahari.

Kedua, biji bunga matahari yg terletak di tengah-tengah bunga bisa dijadikan makanan. Kita tentu mengenal kuaci bukan? Kuaci ini gurih rasanya dan kaya protein. Orang Cina biasanya mengkonsumsi kuaci sebagai obat kuat. Dan ternyata, protein dalam kuaci bisa menyehatkan otah sehingga orang tak mudah pikun. Woww.

Selanjutnya, keistimewaan bunga matahari adalah bunga, daun, dan akarnya mengandung banyak sekali bahan kimia. Bahan kimia ini dibutuhkan oleh pabrik obat-obatan, kosmetik, sabun mandi, dan odol. Karena banyak fungsinya itulah catatan ini berjudul 'Bunga Matahari, si Ratu Obat'. Di beberapa negara, bunga matahari dijadikan tumbuhan perkebunan.

Dan keistimewaan yg terakhir yg saya ketahui adalah minyak bunga matahari yg dihasilkan dari bijinya, banyak memiliki khasiat. Diantaranya, di Cina dan Amerika dijadikan bumbu masakan. Dan ternyata, makanan yg dimasak dg minyak ini jadi lebih bergizi dan menyehatkan.

Selain itu, suku bangsa Aztek di Meksiko, ribuan tahun lalu menggunakan minyak bunga matahari untuk mengobati luka peperangan. Oh iya. AKar bunga matahari juga mereka gunakan untuk menyembuhkan batuk.

So, saya benar-benar jatuh cinta pada bunga matahari. Sekarang sedang dalam proses mencari bibit bunga matahari untuk ditanam dan mempercantik serta menyehatkan pekarangan rumah. ;))

0 komentar:

Posting Komentar

 
;